blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack
lkllog

Minggu, 26 Juli 2009

Membuat Proposal dengan Mind Mapping

Membuat proposal penelitian sama saja dengan membangun sesuatu yang belum jelas, abstrak. Maka perlu direncanakan dan di-‘deskripsikan’ melalui gambar dan bagan alir. Dengan gambar / sketsa, membuat kerja otak menjadi lebih mudah. Contoh ringkasnya, cara kerja system komputer yang diserdehanakan:
* Ada keyboard. * Ada CPU * Ada Monitor. Informasi dimasukkan lewat keyboard. Kemudian diolah dan diproses oleh CPU sebagian informasi dan data, kemudian ditampilkan oleh monitor. Keyboard, CPU,dan monitor itu apa? Tidak semua orang familiar. Walau orang kantoran kan? Belum lagi proses detail cara kerja keyboard, CPU dan monitor. Dengan membuat gambar, ketiga komponen itu akan menjadi lebih jelas untuk dipahami. Mind Mapping. Mind Mapping (pemetaan pikiran) berarti kita membuat visualisasi pikiran dan ide dalam suatu rangkaian system sebab akibat ataupun suatu proses. Dari sini, akan memudahkan kita untuk melakukan cross check, menambahkan sub system (misal menambah ‘speaker’ pada contoh system komputer di atas). Maka rencana yang kita susun akan menjadi lebih terarah. Ringkasnya, Mind Map merupakan: * Peta gambaran alur pikir * Rute panduan bagi ingatan * Metode pencatatan yang kreatif dan efektif * Cara pengoraganisasian rencana sehingga mudah untuk dievaluasi. Langkah langkah mind mapping : * Sediakan kertas putih kosong, missal A4, tempatkan horizontal (landscape). * Sediakan gambar. Untuk membantu dan merangsang agar otak kita bisa tetap fokus. * Gunakan warna. Warna akan mebuat sajian peta lebih hidup. * Buat garis hubungan antar sub system secara bervariasi dan konsisten. Misalnya hubungan tingkat satu (Biasanya garis besar/tebal) berbeda dengan garis hubungan sub system tingkat dua, tiga dan seterusnya. * Perbanyak garis melengkung dari pada garis lurus. Garis melengkung terkesan lebih artistik. * Pakai keyword (kata kunci) untuk memberi kemudahan pengembangan topik. Keyword lanjutan dipakai /disajikan pada garis garis dan sub system lebih kecil, sub sub system, sub sub sub system, dst. kalau malas nulis atau membuat mind map secara manual. Ada software mind mapping yang bisa dipakai. dengan bantuan software mind mapping, mudah bagi kita untuk mengutak atik map yang kita buat, mengedit, memperindah, dan sebagainya. Contoh real mind mapping dalam penyusunan proposal akan diposting lain waktu karena external hardiskku rusak. Sekarang mau nyari software mind mapping yang bagus dan tentunya gratiiiiiss! Do you know the best mind mapping software?

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Black Newspaper Copyright by SHARING INFO BISNIS, TIPS, PROGRAM, PRODUK | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks