blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Kamis, 23 Juli 2009

Komponen PROPOSAL PENELITIAN

Tiga hal yang perlu dipersiapkan sebelum menulis sebuah proposal penelitian:
  1. Topik yang jelas,
  2. Perumusan masalah (research question) yang jelas dan kuat
  3. Sumber-sumber informasi
Tujuan: untuk memberikan gambaran awal penelitian yang akan dibuat.
Format proposal Format proposal bisa bermacam – macam. Biasanya berbeda antar fakultas, universitas, ataupun tujuan proposal itu sendiri (proposal yang murni untuk penelitian ilmiah, funding, social). Untuk proposal penelitian skripsi, secara umum adalah meliputi komponen berikut:
  1. Latar belakang : Menggambarkan hal – hal apa yang menjadi ‘masalah’ sehingga topik menarik untuk diteliti. Menimbulkan pertanyaan? Urgensi topik ini untuk diteliti?
  2. Rumusan permasalahan: berisi thesis statement atau research question. Ditulis secara ringkas dan jelas dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan.
  3. Batasan masalah: menetapkan batasan-batasan penelitian atau lingkup bahasan. Misalnya kelompok data yang teredia dalam tahun tertentu, daerah atau musim tertentu
  4. Tujuan penelitian: berisi beberapa tujuan baik segi keilmuan atau praktis. Perlu diingat bahwa TUJUAN harus sesuai dengan RUMUSAN PERMASALAHAN (ada koherensi mulai latar belakang, permasalahan, tinjauan pustaka dan landaan teori, pembahasan, dan tujuan).
  5. Landasan teori : ringkasan teori-teori pendukung yang dipakai. Jika merupakann teori baru, perlu dijelaskan lebih detail.
  6. Gambaran peralatan penelitian: gambaran program atau alat yang akan dipakai dengan menyebutkan kelebihan dan kelemahannya untuk penggunaan tertentu berdasarkan objek penelitian.
  7. Metode penelitian: Ringkasan metode penelitian yang akan dipakai. Apakah kualitatif, kuantitatif, atau gabungan. Perlu juga disebutkan beberapa indikator penelitian dan alat pengumpulan data atau cara pengambilan data.
  8. Rencana tahapan penelitian: Tata waktu pelaksanaan kegiatan penelitian. Tata waktu bisa dibuat dengan Gantt chart. Penyajian tata waktu harus realistis untuk menilai apakah proposal layak untuk dijalankan atau tidak berdasarkan JUDUL (TUJUAN) dan karakteristik alamiah objek penelitian.
  9. Daftar pustaka. Ditulis dengan format yang sesuai dengan ketentuan institusi (jika ada. Daftar pustaka ini penting sevagai bahan cross check proposal
Untuk tujuan tertentu ataupun jurusan tertentu, proposal penelitian tidak boleh melebihi empat halaman. Sehingga peneliti dituntut untuk menyajikan proposal yang PADAT. Proposal langsung dimulai dari point 2 - 5 - 1 - 4 -7 - 8 dengan format tertentu. Proposal penelitian yang diajukan ke penyandang dana, biasanya lebih ringkas lagi (2 halaman). Komponen yang paling penting adalah:
  • Penyajian latar belakang dan tujuan penelitian yang sesuai dengan MISI Penyandang dana
  • Rincian Rencana Anggaran Penelitian
  • Jadwal Kegiatan penelitian mulai Rencana Operasional sampai Pelaporan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© Black Newspaper Copyright by SHARING INFO BISNIS, TIPS, PROGRAM, PRODUK | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks