blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack
lkllog

Kamis, 23 Juli 2009

TIPS BROWSING MENCARI INFORMASI PELUANG BISNIS dan ARTIKEL AKURAT DI INTERNET

Internet merupakan gudang informasi tapi bisa juga menjadi RIMBA BELANTARA yang membuat orang tersesat. Bagi yang tau cara menelusurinya, akan mudah mendapatkan informasi yang dicari. Bagi penjelajah tanpa alat pandu yang akurat, akan berjalan dengan banyak jebakan.
Banyak beberapa kawan bilang ’sudah cari di internet tapi tidak dapat’. Ternyata penelusuran yang dilakukan belum memakai fasilitas penelusuran lanjut yang disediakan. Contohnya jika anda mencari informasi tentang peluang bisnis tanaman hias di Asia. Jika sekedar mengetikan keyword ’tanaman hias’ dan Asia pada text box di google, yahoo, dan search engine lain, maka akan keluar ratusan ribu entri. Jika pakai bahas inggris bisa jutaan entri. Sebagai contoh kita pakai keyword peluang bisnis tanaman hias Asia dengan google, muncul ratusan ribu entri. Tentu akan makan waktu yang lama jika kita mengklik satu per satu setiap entry yang ada. Belum lagi jika kita tergoda untuk membuka link – link yang disediakan. Untuk mendapatkan informasi yang benar benar diinginkan, dapat dilakukan sebagai berikut:
  1. Ketikkan beberapa keyword yang relevan dengan apa yang kita inginkan. Misalnya ingin mencari informasi tentang ’Peluang bisnis tanaman hias di Asia’. Masukkan beberapa keyword kata kunci pada text box, misal peluang bisnis tanaman hias Asia, kemudian klik tombol search. Di dapat 150.000 entri.
  2. Tidak semua entri tersebut benar benar menyajikan web atau tulisan seperti yang kita harapkan. Maka perlu kita saring lebih lanjut. Filter dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas Advanced search atau Penelusuran lanjutan (dengan google berbahasa indonesia).
  3. Masukkan frasa yang persis sama, yaitu ’Peluang bisnis tanaman hias’. Akan didapat 4.350 entri
  4. Di bagian box paling tidak mengandung salah satu kata ketikkan ’tanaman, hias, bisnis. Akan di dapat jumlah yang hampir sama
  5. Dibagian box tidak mengandung salah satu kata, ketikkan beberapa kata yang tidak kita inginkan, misalnya India, Bangladesh, Kedua negara tersebut kita keluarkan jika kita tidak mau mendapatkan informasi tentang bisnis tanaman hias di kedua negara tersebut. Akan didapat 2.840 entri.
  6. Bisa saja informasi peluang bisnis yang ada di internet adalah peluang yang bagus, tapi belum tentu aktual. Misalnya tulisan tiga tahun lalu, maka kita dapat melakukan filter lanjutan dengan mengklik pada drop down yang tersedia dan memilih update terakhir, misal sebulan lalu. Akan di dapat 0 entri. Berarti tidak ada update selama satu bulam terakhir.
Pada point 3 di atas, dapat dilakukan kombinasi keyword lain untuk mendapatkan kombinasi entri baru. Demikian juga point 4, 5, dan 6. Jika belum puas dengan apa yang ditampilkan, lakukan perubahan keyword pada masing masing text box, biasanya jumlah entri yang disajikan juga akan berubah, berdasarkan keyword yang dipakai. Tips ini akan sangat praktis untuk penelusuran atau mencari artikel ilmiah di internet. Jika khusus mencari artikel, maka pada box domain ketikkan ’.edu’ atau ’.ac’ atau ’.org’ Selamat menjelajah

1 komentar:

sablon cup mengatakan...

thank's tipsnya gan.. sangat bermanfaat..

www.kiostiket.com

Posting Komentar

 

© Black Newspaper Copyright by SHARING INFO BISNIS, TIPS, PROGRAM, PRODUK | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks