blog how to, blog trick, blog tips, tutorial blog, blog hack

Selasa, 21 Juli 2009

CARA MENENTUKAN TOPIK PENELITIAN SKRIPSI / TESIS

Beberapa kali dan beberapa teman menanyakan: 'kasih judul donk'.., 'Buatkan judul penelitian lah', 'Apa ya judul yang pas buat Tesis?. Yang paling penting bukanlah menentukan judul, tapi menentukan TOPIK apa yang MENARIK bagi kita, DATA TERSEDIA, BISA DILAKSANAKAN TEPAT WAKTU, dan kira kira kita MAMPU MENGRJAKANNYA. Jangan sampai penelitian kitan terhambat di pertengahan karena rugi waktu dan sumberdaya. Bagian topik inilah yang perlu dipertimbangkan secara matang.
Contoh. Mau menulis skripsi tentang topik ‘Penggunaan citra satelit untuk mengevaluasi dan estimasi sebaran penyakit malaria’. INGAT, ini topik, bukan judul lho..!
  • Perlu dipertimbangakan dan dilakukan survey:
  • Di mana bisa mendapatkan Citra terbaru?
  • Berapa biayanya?
  • Dimana lokasi sebaran penyakit malaria yang ada 10 atau 5 tahun lalu, 3 tahun lalu atau cukup dengan 1 tahun lalu?
  • Apakah data sekunder tersedia? Apakah kita berbakat / mampu mengoperasikan software GIS?
  • Apakah kita paham / bisa paham tentang pola penyebaran agen malaria?
Perlu ditulis sebanyaknya menjadi daftar khusus, kemudian lakukan cheking satu persatu. Terkadang, bahan, alat, dan ‘otak’ mencukupi, tapi biayanya mahal dan tidak ada sponsor. Maka topik skripsi / tesis yang kita minati menjadi tidak layak dijalankan. Ada juga kebalikannya, semua persyaratan di atas bisa dipenuhi, termasuk biaya, tapi topiknya sudah terlalu banyak ditulis oleh orang orang sebelum kita. Maka topik ini juga menjadi tidak layak. Idealnya, sebuah penelitian adalah penelitian dengan sub topic yang (relative) baru, maka nilai penelitian juga semakin baik. Kita juga menjadi ahli di bidang yang masing langka. Kalau perlu, tulis skripsi / tesis yang kira kira dosen kita pun tidak paham. Jadi waktu sidang, dosen penguji cuma bisa bertanya tanya tanpa bisa mendikte kita. HEHE. Tapi dosen akan tetap mampu menilai keseluruhan proses dan metodologi penelitian kita.
  • Jika topik kira kira layak untuk dijalankan (sesuai level: missal skripsi > tesis > Disertasi), maka perlu dibuat list lanjutan:
  • Apakah penelitian dengan (sub) topik sejenis sudah pernah ada?
  • Jika ada, dimana kelemahannya?
  • Apa saran dari peneliti tersebut? Biasanya peneliti yang baik akan member saran tentang hal hal apa yang perlu diteliti lebih lanjut. Juga menyebutkan kelemahan penelitian yang telah dia buat.
  • Apakah kira kira kita bisa memberi perbaikan/mengkritisi hasil penelitian sebelumnya ? (misal tata waktu penelitian, indikator yang dipakai, alat ukur atau kuisioner yang dipakai) dan lain sebagainya. Untuk bagian ini, kita perlu paham tentang METODOLOGI PENELITIAN dan KARAKTER ALAMIAH fokus yang akan diteliti.
Sumber untuk mencari inspirasi topik penelitian: Issu di koran, majalah, bulletin, kumpulan judul dan abstrak penelitian, hasil obrolan dengan masyarakat, dosen, praktisi.

1 komentar:

Muhammad Fawaaid mengatakan...

Nice Post!! Semoga Lebih Bermanfaat Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya ^^9
aikawafaith.blogspot.com

Posting Komentar

 

© Black Newspaper Copyright by SHARING INFO BISNIS, TIPS, PROGRAM, PRODUK | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks